JOY STICK DAN
GAMES PADDLE
Joystick adalah alat
masukan (alat input) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala
arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke
komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan
permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol
permainan video, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain,
seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
Joystick digunakan dalam bidang multimedia, khususnya game. Joystick
juga digunakan untuk mengendalikan mesin seperti crane, truk, kendaraan tak
berawak bawah air, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput.
Joystick jari mini telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik
kecil seperti ponsel.
Joystick mulai dikenal pada abad 20-an pada waktu itu di nama joystick
diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.
Kemudian joystick berkembang
menjadi alat elektrik. 2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di
Negara Jerman. Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman
Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu
operator untuk mengemudi proyektil ke arah target nya. Joystick ini mempunyai
tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang
dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.
·
Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi
tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem
radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964).
Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepada industri komputer dan para
pemakai lain.
·
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game
video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama
dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur
position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah
joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo
dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick
dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardware)
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing
Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah
sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu Primary
Storage, Arithmatic Logic Unit (ALU) dan Control Unit (CU).
PRIMARY STORAGE (PS) adalah
ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory.
ARITHMATIC LOGIC UNIT (ALU)
adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer.
CONTROL UNIT (CU) adalah
merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang
memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat
penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan
kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data
diperoleh, dan letak hasil ditempatkan
Sobat itulah artikel dari
Serins semoga bermampaat buat sobat......?
thank's
BalasHapusthank's
BalasHapus